Antisipasi Bencana saat IMF-WB Annual Meeting, Kodam Udayana Latihan TFG

oleh
Pelatihan Tactical Floor Game di Aula Udayana Makodam Udayana, Denpasar, Kamis (26/4/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Kodam IX/Udayana menggelar pelatihan Tactical Floor Game (TFG) di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, Kamis (26/4/2018). Kegiatan ini digelar untuk menyamakan persepsi terkait kesiapan evakuasi apabila terjadi bencana alam saat berlangsungnya IMF-WB Annual Meeting pada Oktober 2018.

Pelatihan TFG tersebut juga diikuti Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Gede Alit Widana bersama Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. I Nyoman Sumanajaya dan Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Hadi Purnomo.

Pelatihan TFG sebagai bentuk simulasi dan pelatihan langsung seperti aslinya di atas peta disertai skenario kegiatan yang menggunakan peralatan miniatur. Selanjutnya diperagakan langsung para petugas di lapangan. Kegiatan ini diikuti anggota TNI, Polri, BNPB, BMKG, Dishub, ASDP, dan stakeholder lainnya dan dibuka langsung Kasdam Udayana Brigjen TNI Kasuri.

Dalam arahannya, Brigjen TNI Kasuri mengatakan pelatihan TFG dilakukan untuk mengurangi hal-hal yang dapat menjadi kendala pada saat melaksanakan evakuasi para delegasi IMF-WB Annual Meeting apabila terjadi erupsi Gunung Agung, gempa bumi, dan tsunami. Proses evakuasi nantinya diharapkan dapat berjalan dengan baik dan sesuai prosedur.

“Ini sangat penting untuk melatih dan meyakinkan semua pelaku lapangan, sehingga mengetahui apa yang harus dilakukan dan kemana harus berhubungan terkait dengan tugas evakuasi bencana alam yang terjadi pada saat IMF-WB Annual Meeting,” kata jenderal bintang satu ini.

Kasdam Udayana meminta kepada seluruh peserta agar melaksanakan kegiatan pelatihan dengan optimal dan menjadikan kegiatan ini sebagai forum koordinasi yang maksimal. “Mari kita laksanakan dengan semangat dan gembira serta laksanakan dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Pelatihan ini melibatkan Subsatgas Laut, Subsatgas Udara, Polda Bali, Satgas Pam VVIP, Satgas Evakuasi Dam V Brawijaya, Subsatgas Medis, Subsatgas Komlek, Subsatgas Penerangan, Subsatgas Kominfo, Satgas PB Dam IX/Udayana, Subsatgas Banmin, Subsatgas Evakuasi, Subsatgas Pam Rute, dan Subsatgas Walakir.

Asops Kodam Udayana Kolonel Inf. Wawan Pujiatmoko selaku dinamisator yang memimpin pelaksanaan TFG tersebut meminta kepada seluruh satuan tugas untuk memaparkan rencana kegiatan mulai dari H-3 pelaksanaan IMF-WB Annual Meeting 2018. (*/Sir)