Antisipasi Bencana Gunung Agung, Mabes Polri Luncurkan Aplikasi “Help Bencana Alam”

oleh
banner 300250

Karangasem, Suarabali.com – Untuk memngantisipasi kemungkinan bencana Gunung Agung, Mabes Polri membuat aplikasi tanggap bencana bernama “Help Bencana Alam. Aplikasi tersebut diluncurkan di Karangasem, Jumat (20/10).

Asisten Operasional Kapolri, Irjen Pol Mochamad Iriawan menjelaskan, aplikasi ini terhubung dengan Badan Vulkanologi yang berwenang dalam memantau dan berhak memberikan informasi terkait aktivitas Gunung Agung.

“Aplikasi yang bisa dipasang di setiap handphone berbasis Android ini nantinya akan memberikan peringatan dini apabila Gunung Agung mengalami erupsi bagi pemegang aplikasi,” tegas Iriawan dalam jumpa pers bersama Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, di Mapolda Bali, Kamis (19/10).

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menyatakan, melalui aplikasi ini bisa memudahkan masyarakat ataupun institusi lain agar bisa mempersiapkan langkah-langkah selanjutnya apabila Gunung Agung mengalami erupsi.

Karena sifatnya terbatas, aplikasi ini memang tidak singgah di Google Play Store. Masyarakat karangasem dan sekitarnya dapat mengunduhnya melalui tautan (link) yang sudah disediakan di bawah ini.

Berikut ini cara mengunduh dan memasang aplikasi di Android Anda:

Langkah pertama Anda bisa mengunduh aplikasi yang kami dapatkan dari Polres karangasem berikut ini. (Klik di sini untuk download aplikasi). Setelah terunduh, jalankan aplikasi tersebut. Karena aplikasi tidak diunggah di server Google Play Store, aplikasi ini akan dicekal oleh Android Anda. Karenanya, Anda harus memberikan autentifikasi keamanan dengan cara memberi izin. Anda akan dibawa ke halaman setelan keamanan Android Anda.

Beri izin instalasi aplikasi di Android Anda.

Langkah selanjutnya, berikan izin untuk menginstal aplikasi tersebut, lalu klik  “Oke”.