Anggunnya Ibu Negara dalam Balutan Busana Bali

oleh
Joko Widodo didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan istrinya, Mufidah Jusuf Kalla berfoto bersama pimpinan dan anggota DPR-DPD RI di Gedung Parlemen.?Foto: Istimewa
banner 300250

JAKARTA, SUARABALI.COM –Ada pemandangan menarik yang menjadi perhatian publik ketika acara Sidang MPR/DPR/DPD RI Rabu (16/8/2017). Pertama, “tertukarnya busana daerah yang dikenakan Presiden Joko Widodo 9Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Jokowi yang berasal dari Jawa Tengah tulen mengenakan Baju Bodo, pakaian adat Bugis , tempat JK berasal. Sedangkan, JK yang keturunan suku Bugis justru menggunakan baju adat Jawa Tengah.

Pemandangan tak kalah menarik adalah kehadiran Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan busana adat Bali. Mengenakan kebaya merah dan kain tenun tradisional, Iriana terlihat anggun. Keanggunan itu kian lengkap dengan sanggul dan mahkota warna keemasan yang meenghias kepala serta kilauan bros berbentuk matahari pada pakaiannya. Sementara pada pinggang, melingkar sabuk prada merah dan putih.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan konsep pakaian adat yang dikenakan Jokowi, Ibu Negara dan JK telah ditentukan sebelumnya. Seperti dikutip dari CNN Indinesia, hal itu bertujuan sebagai pengingat atas upaya pahlawan kita merebut kemerdekaan yang kini telah dinikmati selama 72 tahun.

“Kala itu semua orang berlatar belakang suku, ras, dan agama bersatu dan menyatukan kekuatan demi Indonesia. Artinya, sekarang sudah mencair. Orang Jawa tidak harus pakai baju Jawa, orang Makassar pakai baju Makassar. Semua sebagai bangsa Indonesia,” ujar Teten di Kompleks Parlemen, Rabu (16/8).(Han)