Anggota Pemadam Kebakaran Buka Suara: Putri Diana Tidak Ada Darah Sama Sekali di Badannya

oleh
banner 300250

Perancis, suarabali.com – Sudah 20 tahun sejak Putri Diana secara tragis meninggal dalam kecelakaan mobil yang fatal di Paris. Seorang anggota Pemadam Kebakaran Perancis yang pertama kali tiba dilokasi Putri Diana terjebak dalam mobil yang hancur itu akhirnya buka suara.

Dalam wawancara pertamanya sejak saat itu pada 30 Agustus 1997, petugas pemadam kebakaran yang mencoba menyelamatkan Diana mengungkapkan detail tentang malam yang memilukan itu.

Xavier Gourmelon, yang mengatakan bahwa dia memberikan wawancara sekarang karena dia sekarang sudah pensiun, menghabiskan 22 tahun sebagai petugas pemadam kebakaran di Paris dan mengatakan kepada The Sun bahwa tim tersebut membutuhkan “kurang dari tiga menit untuk mencapai” terowongan Pont de l’Alma, di mana Kecelakaan telah terjadi.

Dalam wawancara tersebut, Gourmelon menjelaskan rincian malam yang menentukan, dan mengungkapkan bahwa tim terdiri dari sepuluh orang “menangani hal itu seperti kecelakaan lalu lintas” dan “langsung bekerja untuk melihat siapa yang membutuhkan pertolongan, dan siapa yang masih hidup.”

Setelah mencapai Mercedes yang dinaiki Putri Diana, petugas pemadam kebakaran itu mengingat Diana bertanya kepadanya, “Ya Tuhan, apa yang terjadi?” Dia melihat sedikit luka di bahu kanannya, tapi sebaliknya, “tidak ada darah sama sekali padanya.”

“Wanita itu, yang kemudian saya ketahui belakangan adalah Putri Diana, berada di jok lantai di belakang,” kenangnya. “Dia bergerak sangat sedikit dan saya bisa melihat dia hidup.”

Gourmelon mengatakan bahwa dia memegangi tangan Diana saat dia menenangkannya, memberinya oksigen dan kemudian dengan cepat membawanya keluar dari mobil yang luluh lantak, saat itulah dia berhenti bernapas. Seketika pula Xavier Gourmelon melakukan CPR kepada Diana.

“Saya memijat jantungnya dan beberapa detik kemudian dia mulai bernapas lagi,” kenangnya.

“Sungguh melegakan, tentu saja, karena sebagai responden pertama, Anda ingin menyelamatkan nyawa – dan itulah yang saya pikir telah saya lakukan. Sejujurnya, saya pikir dia akan hidup. Sejauh yang saya ketahui saat dia berada di dalam ambulans, dia masih hidup dan saya mengharapkannya untuk hidup. Tapi saya tahu kemudian dia meninggal di rumah sakit.

“Seluruh episode kejadian masih sangat banyak dalam pikiran saya,” lanjutnya dalam wawancara rinci. “Dan kenangan malam itu akan tinggal bersamaku selamanya. Aku tidak tahu bahwa itu adalah Putri Diana, baru pada saat dia dimasukkan ke dalam ambulans lalu salah satu teman paramedis memberitahuku, itu Diana.”

Sejak kejadian tersebut, Gourmelon tetap diam tentang pengalamannya dimalam itu karena menghormati hukum Perancis.

“Ini pertama kalinya saya berbicara dengan media,” katanya. “Sebagai petugas pemadam kebakaran, Anda adalah bagian dari militer Prancis, jadi Anda dilarang untuk berbicara. Sekarang saya telah pensiun dari divisi pemadam kebakaran, dan saya merasa tidak apa-apa.” (Hsg)