Anggota DPR Ajak Delegasi Kemenag Uzbekistan Berkunjung ke Bali

oleh
Anggota Komisi VIII DPR I Gusti Agung Putri Astrid ketika menerima Delegasi Kemenag Uzbekistan di ruang rapat Komisi VIII DPR, Selasa (10/7/2018). (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Anggota Komisi VIII DPR I Gusti Agung Putri Astrid mengajak Delegasi Kemenag Uzbekistan untuk berkunjung ke Bali. Setiap petugas atau pemandu wisata di Bali disiapkan dengan informasi dan pengetahuan tentang latar belakang agama dan kebudayaan tamu-tamu yang datang.

“Juga disiapkan apa yang boleh dan tidak boleh ketika memfasiltasi tamu-tamu yang datang,” kata I Gusti Agung Putri Astrid ketika menerima Delegasi Kemenag Uzbekistan yang dipimpin Dilshod Babadjanov di ruang rapat Komisi VIII Gedung DPR Jakarta, Selasa  sore (10/7/2018).

Legislator asal Bali ini juga menjamin adanya informasi lengkap tempat-tempat ibadah mana saja yang bisa diakses secara online di 9 kabupaten dan kota di Bali. Sebagai negara yang mayoritas atau 94% muslim, lanjut Gusti, maka tidak perlu khawatir soal ibadah dan kuliner halal.

“Di Bali ada informasi elektronik desa-desa wisata muslim mana yang pantas dikunjungi dan makanan yang disajikan sesusai kebutuhan tamu,” jelasnya.

Untuk itu, menurut Gusti Agung, bukan hal yang sulit bagi para pemandu wisata ketika melayani tamu Kerajaan Arab Saudi berkunjung ke Pulau Dewata tersebut. “Itu bukan hal yang sulit. Sebab, setiap saat bisa menyiapkan apa-apa yang diperlukan bagi tamu-tamu yang berlatar belakang berbeda dengan masyarakat Bali,” tambahnya.

Apalagi, kata dia, Bali juga sebagai tempat diselenggarakannya konferensi internasional dari berbagai negara dengan latar belakang yang berbeda. Tenaga kerja dan tenaga profesional di Bali sangat fleksibel menyiapkan apa-apa yang dibutuhkan bagi keagamaan maupun kebutuhan spesifik, adat istiadat negara lain yang datang ke Bali.

“Jangan khawatir datang ke Bali. Kami siap menjamu dengan segala kebutuhan yang diperlukan sesuai prinsip ajaran yang ada dari para tamu, termasuk dari Uzbekistan,” kata Gusti Agung Putri.

Ketua Delegasi Kemenag Uzbekistan Dilshod Babadjanov yang didampingi Dubes Uzbekistan untuk Indonesia Ulugbek Rozukulov menyambut baik tawaran tersebut. Sebab, dalam waktu dekat Delegasi Uzbekistan akan berkunjung ke Indonesia. Termasuk membahas lebih detil kerja sama pariwisata antara Uzbekistan dengan Indonesia.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid menyambut baik kunjungan Delegasi Kemenag Uzbekistan dan berharap kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi. Sebab, negara kelahiran Imam Buhori ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi umat Islam. Sehingga, saat mengunjungi Uzbekistan, jangan hanya terfukos ke negara-negara Timur Tengah. (*)