Alumni Seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia Tolak Reklamasi Jakarta

oleh
Peta reklamasi pantai Jakarta (Foto Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Penolakan para alumni perguruan tinggi (PT) terhadap kebijakan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mencabut moratorium pembangunan proyek reklamasi di Pantai Utara (Pantura) Jakarta, semakin melebar.

Setelah alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta dan Universitas Indonesia (UI), kini muncul petisi dari alumni yang mengklaim merupakan alumni PT di seluruh Indonesia yang mendeklarasikan sikap yang sama.

“Kami, para alumni perguruan tinggi dari seluruh Indonesia mengkritik keras pernyataan Menko Kelautan Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) yang ingin memaksakan kehendaknya mencabut moratorium Reklamasi Jakarta,” sebut petisi tersebut seperti dikutip suarabali.com dari grup Whatsapp, Senin (23/10/2017).

Para alumni ini menyatakan sepakat  dengan rekan-rekannya yang merupakan para Alumni ITB, UGM yang sudah menyatakan untuk menolak proyek yang merusak lingkungan hidup tersebut, dan hanya menguntungkan segelintir pemilik modal.

“Untuk itu, kami para alumni perguruan tinggi dari seluruh Indonesia  bergandeng tangan dengan para alumni ITB, UGM menegaskan sikap bahwa kami menolak reklamasi Jakarta dan kami akan selalu bersama rakyat untuk menolak   pencabutan moratorium reklamasi yang dilakukan oleh LBP. Stop reklamasi sekarang juga,” tegas petisi tersebut.

Alumni yang mendukung petisi ini antara lain berasal dari Institut Teknologi Nasional (Itenas), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Gunadarma, Unpad, dan UI.(Tjg)