‘Aliens Akan Terlihat Seperti Kita’, Kata ilmuwan Oxford

oleh
banner 300250

Inggris, suarabali.com – Ketika menebak keberadaan alien, sulit untuk membayangkan tentang seperti apa bentuk dan penampilan mereka – mengingat bahwa kita belum benar-benar membuktikan keberadaan mereka dengan menemukannya – namun hal itu tidak menghentikan sekelompok ilmuwan dari Universitas Oxford untuk membuat kesimpulan ilmiah.

Selama bertahun-tahun, film fiksi ilmiah, acara TV dan buku telah memotret makhluk asing yang menyilaukan, mulai dari penggoda ‘alien’ Ridley Scott dan John McTiernan difilm ‘manhunting’ dan ‘Predator’ lalu film’Star Trek’. Mereka sering ditampilkan sebagai monster, seperti binatang buas, sangat menginginkan kehancuran umat manusia.

Dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan minggu lalu di International Journal of Astrobiology, sekelompok ilmuwan dari Universitas Oxford memiliki proposal yang berbeda, yang melibatkan Teori Evolusi Darwin.

“Dengan memprediksi bahwa alien telah mengalami transisi besar – begitulah kompleksitas yang muncul pada spesies di Bumi, kita dapat mengatakan bahwa ada tingkat prediktabilitas terhadap evolusi yang akan membuat mereka terlihat seperti kita,” penulis studi Sam Levin mengatakan dalam sebuah jumpa pers.

Tim tersebut berpendapat bahwa setiap saudara asing yang potensial dapat dibentuk oleh proses dan mekanisme yang sama seperti manusia yang lemah – seperti seleksi alam. Teori ini mendukung argumen bahwa bentuk kehidupan alien berkembang menjadi lebih kuat, lebih bugar dan lebih baik disesuaikan dari waktu ke waktu.

“Membuat prediksi tentang alien itu sulit,” kata Levin. “Kami hanya memiliki satu contoh kehidupan di Bumi untuk melakukan ekstrapolasi,”ujar Sam Levin.

“Pendekatan masa lalu di bidang astrobiologi sebagian besar bersifat mekanistik, mengambil apa yang kita lihat di Bumi, dan apa yang kita ketahui tentang kimia, geologi, dan fisika untuk membuat prediksi tentang alien,” tambahnya.

Levin percaya bahwa dengan menggunakan teori evolusioner mereka akan dapat membuat prediksi tentang bentuk kehidupan apa, selain yang berbasis karbon seperti kita, seperti makhluk berbasis silikon. (Hsg)