Aktivitas Gunung Agung Nihil Gempa Selama Enam Jam, Tapi Belum Aman

oleh
Gunung Agung. (Ist)
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Kondisi Gunung Agung mulai normal. Sejak pukul 06.00 sampai 12.00 WITA pada Selasa (20/3/2018), Gunung Agung terpantau nihil gempa dan embusan. Beberapa waktu sebelumnya, warga di lereng gunung berapi di Pulau Bali ini merasakan gempa.

Menurut Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Devi Kamil Syahbana, kondisi Gunung Agung saat ini belum bisa dipastikan atau diambil kesimpulan. Secara umum, kata dia, aktivitas Gunung Agung belum sepenuhnya mereda dan masih memiliki potensi terjadinya erupsi.

“Nihilnya gempa baru 6 jam. Kita nggak bisa ambil kesimpulan hanya dari evaluasi data yang pendek,” ujar Devi Kamil Syahbana saat dikonfirmasi, Selasa (20/3/2018).

Untuk menentukan kondisi Gunung Agung saat ini, Devi Kamil mengatakan masih perlu evaluasi aktivitasnya. PVMBG akan terus memantau Gunung Agung selama 24 jam.

Sementara untuk saat ini, kata Devi, jangkauan bahaya dari aktivitas Gunung Agung diperkirakan masih berada dalam radius 4 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung. (Stw/Sir)