Akibat Gelombang Tinggi, KMP Pratitha IV Kandas di Perairan Bali

oleh
Tim SAR gabungan mengevakuasi 210 penumpang KMP Pratitha yang kandar di perairan Bali. (Ist)
banner 300250

Jembrana, suarabali.com – Gelombang tinggi dan arus deras melanda perairan Selat Bali. Akibatnya, KMP Pratitha IV terseret arus dan kandas di perairan dangkal dekat lampu merah atau dekat Pura Perapat Agung, Sabtu (2/2/2019).

KMP Pratitha IV dinahkodai Kamani, asal Jawa Timur. Kapal ini berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali. “Kapal  terseret arus deras sehingga kandas di perairan yang dangkal,” kata Kamani.

Satuan Polisi Perairan Polres Jembrana bekerja sama dengan Tim SAR mengevakuasi 210 penumpang KMP Pratitha. Evakuasi dilakukan menggunakan kapal patroli Satuan Polais Polres Jembrana, perahu Rif, dan perahu karet.

Kasat Polair Polres Jembrana Iptu. H. Eddy Waluyo membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Tim Basarnas telah mengevakuasi 210 penumpang kapal tersebut.

“Semua penumpang kapal kami pastikan selamat, tidak mengalami cidera karena evakuasi cepat dilakukan,” jelasnya.

Dia juga mengimbau para nakhoda kapal agar berhati-hati dan waspada saat berlayar di selat Bali mengingat cuaca yang selalu berubah.

“Para nakhoda kapal diimbau selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG untuk mengantisipasi segala sesuatunya agar tidak terjadi kecelakaan laut,” ujarnya. (*)