Ajak Masyarakat Sadar Maritim, Wasi Pecahkan Rekor Penyelaman Massal MURI

oleh
Sebanyak 930 perempuan yang tergabung dalam Wasi membentangkan bendera merah putih sepanjang 500 meter di bawah laut, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/8).
banner 300250

Manado, Suarabali.com– Menyongsong hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Indonesia, Organisasi Wanita Selam Indonesia (Wasi) memecahkan rekor penyelaman massal dunia. Sebanyak 930 perempuan yang tergabung dalam Wasi membentangkan bendera merah putih sepanjang 500 meter di bawah laut, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/8/2018).

Penyelaman massal di Pantai Manado, Megamas, Sulawesi Utara itu rencananya dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pengibaran bendera merah putih di bawah laut terpanjang di Indonesia. Namun, menurut pendiri MURI Jaya Suprana, penyelaman oleh ratusan penyelam wanita itu telah memecahkan rekor dunia.

Katua Wasi, Tri Suswati Tito Karnavian saat mengibarkan bendera merah putih sepanjang 500 meter di dasar laut Kasasan Megamas, Manado.

Penyelaman yang dipimpin Ketua Umum Wasi, Tri Suswati Tito Karnawian, itu berlangsung di dasar laut pada kedalaman lima sampai delapan meter. Lokasi yang dipilih tidak berkarang. Menurut istri Kapolri itu, penyelaman massal itu bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga selam di kalangan perempuan dan masyarakat umum.

“Kami bersyukur penyelaman berjalan lancar, tidak ada insiden satu pun. Semua penyelam sesuai dengan prosedur dan sesuai dengan sertifikat yang mereka punya, keahlian menyelam di bawah laut,” kata Tri Suswati Tito Karnawian, Ketua Umum Organisasi Wanita Selam Indonesia kepada Suarabali.com.

Menurut Tri, salah satu tujuan kegiatan penyelaman massal adalah memperkuat Indonesia sebagai negara maritim serta memasyarakatkan olahraga menyelam. Tidak saja bagi perempuan, tapi juga seluruh rakyat Indonesia. Lewat olahraga menyelam, Wasi ingin mengajak masyarakat untuk mencintai laut dan tidak membuang sampah sembarangan di laut.

“Saya adalah orang yang awam tentang dunia bawah laut. Mendapat kesempatan menyelam, saya terkagum-kagum dengan keindahan bawah laut Indonesia yang terkenal di kalangan para penyelam di seluruh dunia,” kata Tri.

Penyelaman massal yang diselenggarakan Wanita Selam Indonesia bekerja sama dengan berbagai instansi seperti Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI). Kegiatan ini diikuti berbagai kalangan, di ataranya anggota Bhayangkari, polisi wanita, anggota Kodam Merdeka XII, Kodam Pattimura, Lantamal VI Makassar, Persit, dan komunitas selam.(Tjg)