AFP Undang Kapolda Bali Jadi Pembicara di Police Leadership Forum

oleh
Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose bertemu rombongan Australian Federal Police (AFP) di Lounge Andalan, Senin (13/5/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Australian Federal Police (AFP) mengundang Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose untuk menjadi pembicara dalam kegiatan Police Leadership Forum di Australia pada Juni 2019 mendatang.

Undangan itu disampaikan saat Irjen Pol Petrus Reinhard Golose bertemu rombongan AFP yang terdiri dari Manager South East Asia Commander Sharon Cowden, AFP LO Bali Gerard Feltham, dan AFP Bali Investigative Assistant Keaton Martino.

Dalam pertemuan di Lounge Andalan, Senin (13/5/2019) itu, Kapolda didampingi Karo Ops. Polda Bali Kombes Pol. I Nyoman Sumanajaya, Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol. Yuliar Kus Nugroho, Direktur Binmas Polda Bali Kombes Pol. Komang Suartana, dan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja.

Kedatangan rombongan AFP itu bertujuan membahas  rencana kunjungan Kapolda Bali ke Australia pada Juni 2019 atau setelah Hari Raya Idul Fitri.

Manager South East Asia Commander Sharon Cowden menjelaskan, kegiatan itu juga bertujuan mempererat kerja sama yang telah terjalin sejak 2017 hingga sekarang. Tahun sebelumnya, Kapolda Bali sudah berkunjung ke Australia dalam rangka Kerjasama Airport Interdiction, Outlaw Gang Motorcycle, Narcotics and Terrorism.

“Dalam kunjungan nanti, Kapolda Bali rencananya juga menjadi pembicara dalam acara Police Leadership Forum di Australia,” ungkap Sharon Cowden.

Sementara Petrus Reinhard Golose mengucapkan teriman kasih atas undangan sebagai narasumber dalam acara Police Leadership Forum. Selain itu,  dia juga mengapresiasi dukungan dan kerja sama yang sangat baik antara Polri dengan AFP selama ini. Kapolda mencontohkan kerja sama dengan CTOC serta jajaran Polda Bali dalam penanganan transnational crime, counter terrorism, outlaw motorcycle gangs squad, dan sebagainya.

Secara umum wilayah Bali aman dan kondusif usai melaksanakan pesta demokrasi tahun 2019 dari tahap pencoblosan dan penghitungan suara. Untuk kejahatan terorisme, Kapolda Bali menyatakan Bali masih aman.

Kapolda Bali sangat fokus terkait terorisme, sehingga dia membetuk Satgas CTOC dan menjelaskan mengenai Unit Cybercrime Dit Reskrimsus Polda Bali yang sekarang telah meningkat menjadi Sub Direktorat Cybercrime agar kinerja anggota makin maksimal dalam penanganan cybercrime.

Kapolda Bali juga membahas terbentuknya Subdit Keamanan Khusus yang bertugas mengawasi dan memetakan kelompok-kelompok radikal di Bali.

“Mari kita tingkatkan kerja sama dalam menjaga keamanan dan penanganan terorisme agar hubungan kerja sama Polda Bali dan AFP semakin kuat.” Pungkas Kapolda. (*)