Ada Dua Kapolda, GFNY Bali 2020 Diikuti 1.680 Pesepeda

oleh
Start balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) Bali 2020 diadakan di Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra, tepatnya sebelah timur simpang empat Pantai Lebih, Gianyar, Minggu (23/2/2020). (Ist)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) bersama Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha melepas peserta balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) Bali 2020 dengan pengibaran bendera start di Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra, tepatnya sebelah timur simpang empat Pantai Lebih, Gianyar, Minggu (23/2/2020).


Kejuaraan GFNY ini diikuti 1.680 pesepeda, termasuk Kapolda Jawa Barat, Kapolda Sulawesi Utara, Wakapolda Papua Barat, dan Tim Gowes Korlantas Polri. Terkait teknis race, ada dua kategori, yaitu Gran Fondo yang menempuh jarak 135 km dan Medio Fondo yang menempuh jarak 105 km.

Rute yang dilalui kebanyakan berada di wilayah timur Pulau Bali, antara lain Gianyar, Klungkung, Karangasem, dan Bangli. Tiap peserta mendapatkan chip timing dan akan ada juara di tiap kategori, overall, dan umur.

Untuk rute kategori Grand Fondo, yaitu start Pantai Lebih Jalan By Pass Ida Bagus Mantra Gianyar Bali – crossroad/simpang Klungkung – crossroad/simpang Padang Bai – Candidasa – Bukit Sangyangambu – Aid Station Amlapura – Bebandem – Muncan – Rendang – Nongan – Suter – Aid station Kintamani – Geopark – Bangli – Gianyar – Banjarangkan – Kembali ke Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra – Finish.

Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha foto bersama peserta balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) Bali 2020. (Ist)

Sedangkan untuk rute Medio Fundo mengambil start dari Pantai Lebih Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra Gianyar Bali – crossroad/simpang Klungkung – crossroad/simpang Padang Bai – Candidasa – Bukit Sangyangambu – Aid Station Amlapura – Aid Station Muncan – Rendang – Nongan – Bangli – Gianyar – Banjarangkan – Kembali ke Jalan By Pass Ida Bagus Mantra – Finish.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati berharap ajang balap sepeda Gran Fondo New York ini mampu menarik kunjungan wisatawan yang ingin berlibur ke Bali. Selain itu, juga untuk menegaskan kepada dunia bahwa Bali masih aman dari virus Corona (Covid-19).

“Selamat melaksanakan lomba tetap jaga keselamatan,” pesan Cok Ace.

Di sela-sela kegiatan GFNY 2020, Brigjen Pol. I Wayan Sunartha mengatakan kegiatan ini bertujuan mempromosikan pariwisata Bali, dimana Pulau Bali masih aman dan nyaman dikunjungi wisatawan.

Jenderal bintang satu di pundak ini juga berharap kepada masyarakat Bali untuk ikut serta menyukseskan jalannya perlombaan berskala internasional ini dengan memberikan prioritas kepada para peserta yang melintas sepanjang jalur lomba.

“Kegiatan ini membuktikan bahwa Bali aman untuk melaksanakan berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional,” ucapnya.

Dia juga meminta kepada seluruh peserta untuk selalu menjaga sportifitas dan bersaing secara sehat. “Kepada para peserta hati-hati di jalan, tetap utamakan keselamatan,” tambahnya.

Rekayasa Lalu Lintas

Untuk kelancaran even GFNY Bali 2020, Polda Bali melakukan rekayasa lalu lintas di sepanjang rute yang dilalui. Wadir Samapta Polda Bali AKBP Yudith Satriya Hananta mengatakan pihaknya melibatkan 656 personel untuk mengamankan balap sepeda Gran Fondo New York 2020.

Ratusan polisi tersebut ditempatkan di sejumlah titik, mulai dari garis start di Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra tepatnya di Desa Lebih, Gianyar, menuju Klungkung, Karangasem, Bangli, dan kembali finish di Gianyar.

“Kami juga melakukan rekayasa lalu lintas sepanjang jalur yang dilalui peserta balap sepeda,” ujar AKBP Yudith Satriya Hananta, yang juga Kaopspam Gapura Agung III-2020.

Sebelum melaksanakan tugas, seluruh personel Polda Bali dan Polres Gianyar melaksanakan apel pengamanan di Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra, Gianyar. Sedangkan personel Polres Klungkung, Karangasem, dan Bangli melaksanakan apel di wilayahnya masing-masing.

Kepolisian juga sudah melakukan sosialisasi soal kegiatan ini, mulai mengumumkan rute-rute yang akan dilalui peserta melalui media online dan media sosial. Selain itu, petugas kepolisian juga mengimbau para sopir truk untuk tidak beroperasi selama kegiatan balap sepeda berlangsung.

“Pengamanan secara maksimal ini harus kita lakukan agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan aman, lancar, dan sukses,” tegas mantan Kapolres Badung ini. (*)