76 Pejabat Utama Polda Bali Ikuti Outward Bound di Bedugul

oleh
Para peserta outward bound dilatih team work dengan memanfaatkan batang pohon bambu dan drum untuk dijadikan rakit dan dayung. (Ist)
banner 300250

Tabanan, suarabali.com – Sebanyak 76 personel Polda Bali berpangkat Kombes, AKBP, dan Kompol mengikuti kegiatan outward bound di Bedugul, Baturiti, Tabanan, Selasa (5/2/2019). Kegiatan ini mengusung tema: Outward Bound Guna Membangun Soliditas di Lingkungan Polda Bali dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2019.

Kegiatan itu mendatangkan narasumber dan tutor yang berpengalaman di bidangnya dan pernah mengikuti pelatihan outward bound di Amerika Serikat. Mereka adalah Kolonel (Purn) Herman Rasjid dan Fred Summampow.

Konsep outbound yang diterapkan kepada para Pejabat Utama Polda Bali ini tidak seperti outbound pada umumnya yang lebih mengedepankan permainan. Namun, dalam kegiatan ini para peserta dihadapkan pada tantangan yang nyata.

“Makanya outbound main di gunung, naik-turun perbukitan, ada tantangan cuacanya yang hujan sehingga tantangannya lebih riil. Tantangan inilah yang akan dihadapi para peserta ketika mereka bertugas, salah satunya saat pengamanan Pemilu 2019,” jelas Kolonel (Purn) Herman Rasjid.

Selain untuk menguji kemampuan kepemimpinan para peserta, kata Herman, kegiatan ini juga sebagai wadah pembentukan karakter para pejabat di lingkungan Polda Bali, seperti leadership, partnership, dan followership.

Selama outbond ini, para peserta diperlakukan setara. Tidak ada fasilitas mewah yang diberikan selama kegiatan outbond ini. “Makan, tempat tidurnya semua sama, tidak ada yang mewah-mewah,” ujarnya.

Terkait tema yang diusung, pensiunan polisi melati tiga di pundak ini menyampaikan, selama outbound para peserta menunjukkan kreativitas dan soliditasnya dalam team work. Para peserta dilatih team work dengan memanfaatkan batang pohon bambu dan drum untuk dijadikan rakit dan dayung.

Satu tim peserta berjumlah 12-13 orang harus menggunakan rakit buatan mereka untuk mengambil bendera yang ditancapkan di tengah Danau Beratan. “Dengan cara ini, akan diketahui bagaimana leadership, konseptual, dan perencanaannya,” terangnya.

Salah satu peserta, Kombes Pol. Mohammad Iqbal, merasakan manfaat besar outbond ini. Dengan outbond ini, para peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam manajerial dan bekerja sebagai team work yang solid.

Sementara Kombes Pol. I Nyoman Sumanajaya, peserta lainnya, mengaku senang dan merasakan manfaat besar dari outbound ini. “Kegiatan outbound ini sangat bermanfaat, karena kita diajarkan untuk setiap melakukan sesuatu harus dengan proses manajerial. Kita juga dituntut harus dapat mengambil keputusan yang tepat dalam kondisi apapun. Team work waiib dilakukan untuk mencapai suatu tujuan atau visi,” terang Kombes Pol. I Nyoman Sumanajaya yang saat ini menjabat Karo Ops Polda Bali. (*)