143 Calon Taruna Akpol Ikuti Tes Psikologi di Polda Bali

oleh
Para calon taruna Akademi Kepolisian mengikuti tes psikologi di Gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali, Denpasar, Senin (16/4/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Sebanyak 143 calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) mengikuti tes psikologi di Gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali, Denpasar, Senin (16/4/2018). Mereka mengiktui tes psikologi setelah dinyatakan lulus pada tahapan pemeriksaan administrasi.

Sebenarnya, ada 144 pelamar taruna Akpol yang dinyatakan lulus pada tahapan pemeriksaan administrasi dan berhak mengikuti tes psikologi. Namun, hanya 143 yang hadir mengikuti tes psikologi. Seorang di antaranya tidak mengikuti tes psikologi karena sakit.

Pelaksanaan tahapan tes psikologi tersebut diawasi tim pengawas eksternal dan internal. Hal ini dilakukan agar tahapan penerimaan anggota Polri yang clear and clean. “Sehingga, dapat mencetak anggota Polri yang berkualitas dan berintegritas tinggi terhadap institusi Polri,” kata Karo SDM Polda Bali Kombes Pol. Agus Djaka Santoso.

Selain itu, soal-soal psikologi yang akan dikerjakan tersebut tidak langsung ada dan dibagikan, melainkan berupa kaset CD yang nanti akan dipilih oleh perwakilan dari peserta calon anggota taruna Akpol sebelum diperbanyak ke sejumlah peserta tes, dengan menggunakan mesin foto kopi yang sudah disiapkan oleh pihak panitia.

“Hal ini juga dilakukan untuk menghindari kecurangan yang dilakukan oleh pihak panitia,” tegas Kombes Pol. Djaka Santoso. (*/Sir)